Ilustrasi HERO Kemendag RI

We Help and Resolve

Selamat Datang di Pusat Bantuan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia

lightbox

Maklumat Pelayanan
dan Penilaian

NN
Nico Nugraha Hadinata

Terima kasih atas respon cepatnya. Bravo Hero Kemendag!

AK
Ade Kurniawan

Layanan sangat baik dan penjelasannya clear... terima kasih banyak Bapak/Ibu...

DS
Dwi Septianingrum
Biro Umum dan Layanan Pengadaan

Terima kasih Tim Hero...pelayanannya super cepat..

TR
Tadeus Rinalwan

Response tercepat dari apps kementerian di indonesia

TH
Tjun Hian

Terima kasih atas inputnya. Kami sangat senang karena sangat terbantu dengan jawabannya dan infonya. Terima kasih.

01
05

Apa itu Portal HERO
(We help and Resolve) ?

Hero Kemendag adalah layanan Help Center terintegrasi milik Kementerian Perdagangan. Semua pertanyaan, kendala, atau permohonan terkait layanan publik maupun layanan internal dapat disampaikan melalui platform ini.

Pengajuan Tiket Berdasarkan Akses

56
Total Layanan
42,103
Tiket Selesai
181
Agen Hero
4.9
Rata-Rata Rating (Skala *5)

Aplikasi HERO Mobile

Nikmati kemudahan mengakses layanan langsung dari smartphone Anda dengan Aplikasi HERO Mobile. Tersedia untuk perangkat iOS dan Android, dan dapat digunakan oleh semua pengguna, baik dari dalam maupun luar Kementerian Perdagangan.

Sari use Hero Mobile

Frequently Asked Questions

Berikut adalah daftar pertanyaan yang sering diajukan (FAQ) untuk membantu Anda mendapatkan informasi terkait layanan HERO. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi kami.

Bagaimana caranya mendapatkan Hak Akses log in ke INATRADE?

Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 5 Tahun 2021, semua pengajuan perizinan dapat dilakukan melalui sistem OSS yang sudah terintegrasi dengan sistem Kementerian/ Lembaga (K/L) dengan menggunakan akun OSS.

Bagaimana cara memperbaiki Permohonan Perizinan yang sudah ditolak pada INATRADE?

Untuk Pengajuan Perizinan yang statusnya ditolak, dapat diajukan kembali dengan mengklik tombol proses lalu Edit, dan mencentang terlebih dahulu permohonan yang ditolak, kemudian memperbaiki pengajuan sesuai dengan alasan penolakannya.

Bagaimana Cara Menghapus Dokumen yang sudah di Unggah/Upload pada sistem INATRADE?

Semua dokumen yang sudah di Unggah/Upload pada sistem INATRADE tidak dapat dihapus secara permanen. tetapi Pelaku usaha dapat mengganti dokumen lama dengan cara mengupload/Unggah Dokumen baru/ perbaikannya.

Bagaimana Cara Mengajukan Permohonan Baru pada INATRADE?

Dapat diajukan melalui sistem OSS dan sudah terintegrasi dengan sistem INATRADE, dengan hal ini untuk pengajuan baru dapat diajukan melalui Sistem OSS.

Bagaimana Cara mengupload Persyaratan pada sistem INATRADE dan berapa kapasitas yang dapat di upload?

Untuk mengupload Persyaratan pada sistem INATRADE dapat melalui Permohonan/Pengajuan pada Tab Persyaratan kemudian klik Tombol Hijau "upload", untuk kapasitas file yang dapat di upload sebesar 2 MB, Jika File yang di upload lebih dari 2 MB maka dapat di Resize atau mengupload dokumen lebih dari 1 kali atau beberapa file, file dokumen terpisah.

Pelaksanaan INATRADE berlandaskan pada ketentuan

Peraturan Pemerintah Nomor 28 tahun 2025.

Bagaimana cara login HERO ?

Anda dapat login menggunakan akun intra kemendag apabila anda adalah seorang pegawai internal Kementerian Perdagangan; jika anda seorang masyarakat umum atau akademisi anda dapat login menggunakan akun google mail anda; jika anda seorang pelaku usaha anda dapat login menggunakan akun perizinan OSS anda.

Bagaimana jika status tiket saya sudah RESOLVE ?

apabila tiket anda telah berstatus resolve yang anda dapat lakukan adalah : 1. Jika anda merasa belum jelas perihal penyelesaian tiket, anda dapat membuat tanggapan kembali kepada agen 2. Jika anda sudah jelas perihal penyelesaian tiket, anda dapat menutup tiket kemudian memberikan rating dan saran/kritik kepada agen

Bagaimana jika status saya masih dengan status OPEN ?

apabila tiket anda masih berstatus open, silakan menunggu agen akan segera memproses pengajuan tiket anda.

Bagaimana jika saya lupa nomor tiket saya ?

Anda dapat melihat nomor tiket anda pada kotak masuk email yang telah diinputkan pada saat pengisian formulir pengajuan tiket. Sehingga anda perlu memastikan kembali email yang anda inputkan adalah email yang masih aktif

Panduan

Butuh Bantuan?

Cek panduan lengkap ini supaya kamu gampang menemukan jawaban dan cara pakai Pusat Bantuan HERO.