
We Help and Resolve
Selamat Datang di Pusat Bantuan Kementerian Perdagangan Republik Indonesia
Kategori Pilihan
Berikut Adalah Kategori yang sering diajukan di hero
Maklumat Pelayanan
dan Penilaian
Apa itu Portal HERO
(We help and Resolve) ?
Hero Kemendag adalah layanan Help Center terintegrasi milik Kementerian Perdagangan. Semua pertanyaan, kendala, atau permohonan terkait layanan publik maupun layanan internal dapat disampaikan melalui platform ini.
Pengajuan Tiket Berdasarkan Akses
Aplikasi HERO Mobile
Nikmati kemudahan mengakses layanan langsung dari smartphone Anda dengan Aplikasi HERO Mobile. Tersedia untuk perangkat iOS dan Android, dan dapat digunakan oleh semua pengguna, baik dari dalam maupun luar Kementerian Perdagangan.

Frequently Asked Questions
Berikut adalah daftar pertanyaan yang sering diajukan (FAQ) untuk membantu Anda mendapatkan informasi terkait layanan HERO. Jika Anda memiliki pertanyaan lebih lanjut, jangan ragu untuk menghubungi kami.
Sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 5 Tahun 2021, semua pengajuan perizinan dapat dilakukan melalui sistem OSS yang sudah terintegrasi dengan sistem Kementerian/ Lembaga (K/L) dengan menggunakan akun OSS.
Untuk Pengajuan Perizinan yang statusnya ditolak, dapat diajukan kembali dengan mengklik tombol proses lalu Edit, dan mencentang terlebih dahulu permohonan yang ditolak, kemudian memperbaiki pengajuan sesuai dengan alasan penolakannya.
Semua dokumen yang sudah di Unggah/Upload pada sistem INATRADE tidak dapat dihapus secara permanen. tetapi Pelaku usaha dapat mengganti dokumen lama dengan cara mengupload/Unggah Dokumen baru/ perbaikannya.
Dapat diajukan melalui sistem OSS dan sudah terintegrasi dengan sistem INATRADE, dengan hal ini untuk pengajuan baru dapat diajukan melalui Sistem OSS.
Untuk mengupload Persyaratan pada sistem INATRADE dapat melalui Permohonan/Pengajuan pada Tab Persyaratan kemudian klik Tombol Hijau "upload", untuk kapasitas file yang dapat di upload sebesar 2 MB, Jika File yang di upload lebih dari 2 MB maka dapat di Resize atau mengupload dokumen lebih dari 1 kali atau beberapa file, file dokumen terpisah.
Peraturan Pemerintah Nomor 28 tahun 2025.
Anda dapat login menggunakan akun intra kemendag apabila anda adalah seorang pegawai internal Kementerian Perdagangan; jika anda seorang masyarakat umum atau akademisi anda dapat login menggunakan akun google mail anda; jika anda seorang pelaku usaha anda dapat login menggunakan akun perizinan OSS anda.
apabila tiket anda telah berstatus resolve yang anda dapat lakukan adalah : 1. Jika anda merasa belum jelas perihal penyelesaian tiket, anda dapat membuat tanggapan kembali kepada agen 2. Jika anda sudah jelas perihal penyelesaian tiket, anda dapat menutup tiket kemudian memberikan rating dan saran/kritik kepada agen
apabila tiket anda masih berstatus open, silakan menunggu agen akan segera memproses pengajuan tiket anda.
Anda dapat melihat nomor tiket anda pada kotak masuk email yang telah diinputkan pada saat pengisian formulir pengajuan tiket. Sehingga anda perlu memastikan kembali email yang anda inputkan adalah email yang masih aktif
Butuh Bantuan?
Cek panduan lengkap ini supaya kamu gampang menemukan jawaban dan cara pakai Pusat Bantuan HERO.